Monday, July 6, 2009

Indah khabar dari rupa...


Menurut American Lung Association (ALA) nyala lilin terutama yang beraroma wangian dan nyalanya tahan lama akan menyebarkan partikel timah, merkuri dan racun lainnya ke udara. Seterusnya ALA mengingatkan bahwa lilin-lilin yang beraroma eksotik biasanya mempunyai sumbu berkilapan yang terbuat dari timah asli atau campuran yang mengandung timah.


Partikel timah yang sangat kecil akan melayang diudara dalam kurun waktu yang lama hingga kemudian akhirnya menempel pada perabot dan karpet yang mudah untuk disentuh oleh anak-anak, orang dewasa , ataupun binatang peliharaan.. Jika terserap kedalam tubuh dalam jumlah yang melebihi kadar batas emisi lilin-lilin tersebut dapat merosakkan sistem saraf, hati dan sistem peredaran darah, terutama pada anak-anak, orang tua, dan pada orang-orang dengan sistem imuniti yang lemah.


selain itu lilin-lilin tersebut dapat menghasilkan jelaga berjumlah banyak yang akan merosakkan perabot dan penghawa ventilasi. Dianne Walsh Astry Direktur Eksekutif pada Health House Project, suatu badan komuniti program pendidikan ALA mengatakan bahwa tanpa di sedari, lilin-lilin merupakan penyebab buruknya kualiti udara dalam ruangan.


Para pengguna atau consumer seeloknya membaca label yang tertera pada produk lilin tersebut agar dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan adanya bahan tambahan pada lilin yang dapat membahayakan. Seeloknya pula hindarkan meletakkan lilin pada kawasan yang banyak angin, di mana angin dapat menebarkan jelaga dan racun ke udara.

No comments: